Cara mencegah Smartphone Tidak Hang/Ngeblank

Ada banyak penyebab ponsel Anda sering hang dan restart sendiri diantaranya penggunaan CPU, Memory RAM dan GPU yang berlebihan. Nah, berikut hal yang harus kamu perhatikan agar smartphone Anda tidak mudah Hang,


Hindari Menginstal Aplikasi Berlebihan di Memori Internal

Ya, tidak jarang pengguna yang menginstal aplikasi dengan memilih memori internal sebagai media penyimpannya dari data-data aplikasi tersebut. Memori internal memang memliki kapasitas terbatas, apabila ditambah dengan aplikasi tambahan maka akan memerlukan ruang penyimpanan yang cukup besar. Hal inilah yang dapat memicu smartphone Anda mudah hang.

Pastikan Tidak Menjalankan Banyak Aplikasi Dalam Satu Waktu \xa0

Kebiasaan yang satu ini mungkin pernah Anda lakukan. Padahal ini bisa mengakibatkan boros baterai kinerja smartphone menjadi sangat berat, sehingga sangat rentan terjadi hang.

Untuk itu gunakan aplikasi yang memang diperlukan saja dalam satu waktu, dan usahakan menjalankan aplikasi yang ada secara bergantian.

Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Seleksi kembali aplikasi yang ada pada smartphone Anda. Jika dirasa banyak yang tidak penting dan memakai kapasitas memori terlalu banyak segeralah hapus aplikasi tersebut. Jika hal seperti ini terjadi secara terus menerus maka akan membuat file-file atau program menumpuk di dalam data smartphone, yang membuat kinerjanya semakin berat, sehingga hang.

Jangan Sampai Memori Eksternal Full

Memori eksternal yang penuh membuat kerja smartphone menjadi berat, yang ujung-ujungnya menjadi hang. Untuk itu jika memori eksternal memang dalam keadaan penuh maka hapus file-file atau data yang tidak diperlukan, atau sebagai alternatifnya dapat memindahkan ke komputer atau laptop.

Gunakan Antivirus dan Update ke Versi yang Terbaru

Pastikan Anda memasanga Anti virus pada smartphone Anda, serta rutin melakukan update ke versi terbaru. Ini untuk mencegah program jahat virus masuk ke dalam smartphone.

Update Software ke Versi yang Baru

Demikian juga untuk aplikasi, pengguna smartphone sangat dianjurkan untuk melakukan update ke versi yang baru pada aplikasi yang terpasang di ponsel. Karena aplikasi yang versi lama, yang sudah tidak maksimal kompibel dengan OS, dapat menyebabkan smartphone hang atau crash.
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Aris
admin
November 20, 2016 at 5:28 PM ×

Iya nih sering hang, ada yg error :v thx infonya

Reply
avatar
Unknown
admin
November 20, 2016 at 8:41 PM ×

Iya mas mudah mudahan tidak hang lagi

Reply
avatar
Thanks for your comment