Cara mempercepat android yang lemot



Android adalah sebuah platform yang membebaskan gerakan para penggunanya, tanpa dibatasi sedikitpun. Dengan begitu, tak sedikit pengguna yang memodifikasi perangkat berbasiskan OS dari Google tersebut. Namun, tak jarang berkat konsep open source ini pula yang membuat ponsel Android menjadi perangkat yang terbilang cepat dari segi penurunan kinerjanya.

Bagi kamu yang merupakan pengguna setia perangkat Android, tahan dulu kesedihanmu. Pasalnya, masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk kembali meningkatkan performa gadget kesayanganmu tersebut. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat kinerja dari ponsel Android.

Hilangkan atau Kurangi Gerakan Animasi


Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat ponselmu adalah dengan menghilangkan atau mengurangi gerakan animasi yang tersaji. Gerakan animasi yang kami maksud di sini adalah gerakan yang bersifat unik, sekaligus mengurangi kecepatan kinerja ponsel.

Jika kamu setuju dengan hal ini, maka silahkan menuju ke bagian Developer Option yang ada pada setting > about phone. Lakukanlah scrool ke bawah hingga menemukan tab Build Number, lalu tekanlah bagian tersebut sebanyak 7 kali, secara otomatis layar akan menuju ke pilihan developer.

Pada halaman ini, kembalilah melakukan scroll ke bawah hingga menemukan tab Window animation scale, Transition animation scale, dan Animator duration scale. Pada bagian Window animation scale, silahkan kamu pilih .5x untuk mempercepat durasi animasi atau off untuk mematikannya. Pilihlah sesuai kondisi yang kamu kehendaki.

Bersihkan Layar Home dari Widget


Widget adalah sebuah fitur yang akan menampilkan beragam macam hal di layar home ponsel kamu. Tidak hanya akan memakan kuota kamu secara otomatis, namun widget juga akan mengurangi kinerja dari ponsel Android.

Jika kamu merasa fitur ini tidak memiliki kegunaan, maka kamu bisa menonaktifkannya dengan cara menekan layar home selama beberapa detik. Setelahnya, kamu bisa memilah-milah widget mana saja yang tidak berguna dan pantas disingkirkan dari layar home. Dengan begitu, kinerja smartphone Android yang selalu berada di genggaman akan sedikit meningkat.

Unisntall dan Non-aktifkan Aplikasi yang tak digunakan


Android adalah sistem operasi yang paling lemah dari segi penyimpanan. Pasalnya, disetiap kali kamu melakukan instalasi suatu aplikasi, maka secara otomatis folder-folder yang diperlukan oleh aplikasi tersebut akan memenuhi ruang penyimpananmu. Semakin kecil ruang penyimpanan yang tersedia, maka semakin kecil pula ruang gerak yang bisa diraih oleh smartphone kamu.

Maka dari itu, cobalah luangkan waktu sedikit untuk memusnahkan aplikasi-aplikasi yang sudah tak digunakan lagi. Sebelum meng-uninstallnya, jangan lupa untuk men-disable aplikasi tersebut melalui menu setting, dan baru setelah itu silahkan menghilangkan aplikasi tersebut dari memory ponsel kamu.

Restart Ponselmu Secara Berkala


Kegiatan mengulang kinerja atau me-restart smartphone adalah aktifitas yang sudah tak bisa kamu hindari. Hal tersebut dipercaya mampu menyegarkan kembali kinerja ponsel, dan itu benar adanya. Namun, cobalah untuk membuat jadwal yang tertata dalam melakukan restart terhadap ponsel, contohnya saja seminggu sekali.

Dengan jadwal yang teratur, nantinya kamu bisa memantau lebih baik umur yang wajar dari sebuah smartphone, sebelum nantinya beralih ke perangkat yang lebih baru.

Pastikan Sistem Android Kamu Up-to-date


Hal yang paling ditakutkan oleh para pengguna smartphone adalah memperbarui sistem operasi mereka. Rasa takut akan kinerja yang melambat biasanya menjadi dasar para pengguna perangkat Android untuk meng-update sistem operasinya.

Namun, tahukah kamu jika memperbarui sistem operasi berkemungkinan untuk meningkatkan kembali kinerja ponsel Android? Pasalnya, setiap pembaruan sebuah sistem akan diiringi dengan adanya perbaikan terhadap bug, sekaligus peningkatan kinerja pada software tersebut.

Untuk mengetahui apakah sistem kamu telah diperbarui atau tidak, silahkan pergi ke Setting > About device > Software update dan tekan Check for updates. Secara otomatis sistem akan mencari pembaruan, jika tidak ditemukan berarti sistem yang sekarang kamu gunakan adalah yang terbaik untuk hardware di dalamnya.
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

13 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:11 AM ×

izin mencoba caranya mas

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:37 AM ×

kapan2 Tes sendiri , thank ya info nya

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:40 AM ×

saya coba sekarang gan

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:51 AM ×

Silakan mas sering kunjungi blog ini ya hehe

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:52 AM ×

Silakan di coba gan,iya sama sama

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 7:54 AM ×

Silakan sob semoga kinerja android ana secepat kilat hehe

Reply
avatar
December 8, 2016 at 8:06 AM ×

bener banget itu gan install dan uninstall apabila applikasi tersebut tidak berguna

Reply
avatar
Anonymous
admin
December 8, 2016 at 8:11 AM ×

saya coba caranya dulu gan

Reply
avatar
Dennes Julio
admin
December 8, 2016 at 8:14 AM ×

semua udah saya coba, tapi yang paling berpengaruh itu wiget, soalnya berat banget pasang2 wiget di hp :D

Reply
avatar
Unknown
admin
December 8, 2016 at 9:22 AM ×

izin mencoba saya newbie soalnya hehe

Reply
avatar
Unknown
admin
December 10, 2016 at 3:07 PM ×

Iya sob sangat perpengaruh soalnya ramnya akan bertambah.

Reply
avatar
Thanks for your comment