Cara menambah kartu memori internal pada android



Media penyimpanan atau storage adalah salah satu poin yang menjadi tolak ukur dalam membeli perangkat smartphone. Semakin besar storage yang dimiliki sebuah perangkat, maka semakin banyak pula data yang bisa disimpan oleh penggunanya. Sayangnya, kapasitas storage juga menjadi nilai jual yang pantas dari segi marketing. Maka tak heran jika semakin besar storage yang ditawarkan, semakin mahal pula harga yang dipatok oleh para produsen smartphone.
Bagi Anda yang terlanjur membeli ponsel berkapasitas memory kecil, tak perlu sedih. Pasalnya, terdapat satu langkah pintar untuk tetap dapat menyimpan banyak data. Cara ini juga tak memerlukan biaya sedikitpun, yakni dengan memanfaatkan layanan online storage atau yang dikenal sebaga cloud storage. Berikut 5 layanan cloud yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Dropbox

Dropbox merupakan salah satu penyedia layanan cloud storage yang telah cukup lama eksis di dunia simpan menyimpan data. Sebelum Android dan iOS banyak digunakan seperti saat ini, Dropbox telah banyak digunakan oleh platform Linux dan BlackBerry.
Saat Anda selesai mendaftarkan akun dilaman Dropbox, kapasitas sebesar 2GB akan langsung didapat secara gratis. Tambahan kapasitas sebesar 500MB pun bisa Anda dapatkan saat mengajak teman untuk turut mendaftarkan diri ke Dropbox, hingga batas maksimal kapasitas yang Anda dapatkan adalah 16GB. Kapasitas sebesar 1GB akan kembali Anda dapatkan saat mengatur akun Mailbox, dan 250MB saat mengikuti tur singkat dilaman Dropbox.
Jika total kapasitas 19.25 GB tersebut masih dirasa kurang, maka Anda bisa menggunakan layanan berbayar Dropbox, dengan biaya perbulan sekitar Rp 100 ribuan Anda akan diberikan kapasitas sebesar 1TB.

Google Drive


Terdapat salah satu layanan cloud gratis yang akan memberikan kapasitas cukup besar, terutama bagi pengguna Android, yakni Google Drive. Layanan cloud yang dinobatkan sebagai penyedia cloud terbaik ini akan memberikan kapasitas storage sebesar 15GB secara cuma-cuma, saat Anda memiliki akun Google atau Gmail.
Dengan kapasitas yang besar tersebut, tak heran jika para pengguna perangkat Android bisa mem-back up beragam jenis file yang ada di perangkatnya secara otomatis ke Google Drive, melalui aplikasi Google+. Tidak hanya itu, pemilik ponsel Android dan Chromebook, akan mendapat tambahan kapasitas 100GB secara gratis selama 2 tahun dari masa pengaktifan ponsel.

iCloud



Ini dia layanan cloud gratis bagi para pengguna perangkat berbasis iOS dan MacOS. Saat Anda membeli sebuah perangkat dari Apple, permintaan untuk mendaftar layanan iCloud adalah hal pertama yang akan ditemui. Setelah mendaftar, maka kapasitas cloud services dari Apple sebesar 5GB akan di dapat secara gratis.
Nantinya, Anda bisa mengatur sendiri jenis file apa saja yang ingin di back up ke dalam cloud yang dikelola oleh pihak Apple ini. Sayang, iCloud merupakan penyedia cloud yang mematok harga cukup mahal bagi penggunanya yang ingin memperbesar kapasitas penyimpanan digitalnya tersebut.

Microsoft OneDrive



Jika Android menawarkan Google Drive dan Apple menawarkan iCloud, maka. pengguna Windows phone atau OS Windows disajikan dengan OneDrive. Layanan cloud dari Microsoft ini akan memberikan kapasitas 15GB secara gratis kepada para pelangganya. Tidak hanya itu, tambahan 15GB akan kembali didapatkan saat pengguna melakukan link antara camera roll dan OneDrive.
Terdapat satu hal menarik dari layanan cloud Microsoft ini, yakni penawaran kapasitas yang tak terhingga secara gratis bagi siapa saja yang menggunakan layanan Office 365 besutannya.

MediaFire


MediaFire mungkin merupakan layanan cloud yang paling bersahabat dengan masyarakat Indonesia, bahkan sebelum smartphone booming seperti sekarang, dengan penggunanya kebanyakan dari para user PC. Perusahaan yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat ini akan memberikan kapasitas sebesar 10GB secara gratis bagi para pemilik akunnya.
Sayang, terdapat banyak keterbatasan bagi mereka pengguna gratisan, salah satunya adalah pembatasan besaran file yang bisa diunggah ke MediaFire. Anda hanya dibatasi dengan kapasitas 200MB setiap mengupload satu jenis file. Dengan begitu, MediaFire adalah layanan cloud yang paling ketinggalan jaman, diantara layanan cloud lainnya yang menawarkan kapasitas besar dengan harga gratis.
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »
Thanks for your comment