Cara menghemat kuota pada android



Indonesia merupakan negara yang penggunaan data internetnya masih dibatasi oleh kuota. Walau beberapa operator saat ini telah menawarkan pilihan paket unlimited untuk para pengguna smartphone, namun harga yang ditawarkan terkadang tidak sesuai dengan isi dompet. Alhasil, pilihan paket internet berbasis kuota adalah pilihan terbaik yang pernah ada.

Pernahkah Anda merasa jika beberapa kali paket internet Anda diluar batas kuota yang telah ditentukan? Anggap saja dalam sebulan Anda biasa menghabiskan kuota sebesar 4GB, namun belum sampai waktunya kuota Anda telah habis. Dengan begitu, pengisian kembali kuota dengan harga yang serupa menjadi satu-satunya langkah Anda untuk dapat terus menjelajah dunia maya.

Atau Anda merasa ingin sedikit mengurangi porsi penggunaan kuota Anda? Jika pikiran tersebut sedang  terlintas dalam benak Anda, ada baiknya untuk mengikuti sedikit tips dari kami.

Tips Pertama: Matikan Aplikasi melalui tombol Recent Apps


Sebelum membahas lebih jauh, tahukah Anda dimana tombol recent apps itu berada? Pada pengguna Android, recent apps button bisa ditemui pada sebelah kiri atau kanan tombol home. Saat Anda menyentuh tombol ini, maka secara otomatis ponsel akan menampilkan aplikasi apa saja yang tengah berjalan di dalamnya.

Biasanya, setelah mengunjungi sebuah aplikasi pengguna hanya langsung menekan tombol home, tanpa menutup “pintu” aplikasi itu secara benar. Hal ini menyebabkan aplikasi terus berjalan dan tetap menyedot jumlah kuota yang tersisa. Sering kali permasalah ini terjadi pada aplikasi sosial media. Jumlah kuota yang terpakai tanpa diketahui ini pun tidak sedikit, terkadang menyentuh jumlah yang sama saat aplikasi dibuka.

Maka dari itu, mulai saat ini cobalah untuk selalu menon-aktifkannya melalui tombol recent apps.

Tips Kedua: Batasi Penggunaan Kuota pada Aplikasi melalui Setting


Jika Anda merasa cara pertama sudah seringkali dilakukan dan tidak membuahkan hasil, maka kami masih memiliki banya cara untuk dapat membantu Anda. Pada cara kedua ini, Anda diwajibkan untuk ikhlas dalam membatasi kuota, karena saat kuota telah dibatasi pada titik tertutuk di suatu aplikasi, maka aplikasi tersebut tidak akan dapat terbuka sampai Anda merubahnya kembali.

Saat cara ini menjadi pilihan terbaik bagi Anda, maka silahkan buka setting >  Data Usage dan pilihlah aplikasi yang hendak dibatasi penggunaan datanya, cara ini akan bekerja baik pada ponsel Android. Sedangkan, untuk para pengguna iOS bisa mengunjungi setting > General > Background App Refresh dan pilihlah aplikasi yang hendak dimatikan sementara.

Tips Ketiga: Matikan Notifikasi Aplikasi


Mematikan notifikasi sebuah aplikasi rupanya tidak hanya berguna untuk memperkecil penggunaan daya baterai, namun juga bermanfaat bagi sisa kuota Anda. Aplikasi yang tidak menampilkan aplikasi maka bisa dipastikan tidak akan pernah “mencuri” sisa kuota tanpa sepengetahuan Anda.

Untuk dapat mematikan notifikasi sebuah aplikasi, pengguna Android bisa mengunjungi setting > Apps > Downloaded > tabel All, lalu pilihlah sebuah aplikasi. Nantinya, terdapat matikan tanda centang pada Show notification. Bagi para pengguna iOS, Anda bisa pergi ke setting > Notifications, lalu pilih aplikasi yang hendak dimatikan notifikasi.

Tips Keempat: Lupakan Download Gambar atau Foto, cukup Screenshot


Saat berbicara soal Sosial Media, kita semua tidak akan terlepas dari gambar atau foto. Terkadang, daya tarik sebuah gambar atau foto yang kita temui menjadi dorongan untuk mendownloadnya ke dalam smartphone. Walau memiliki ukuran yang kecil, tetap saja kuota akan berkurang disaat gambat tersebut kita unduh atau download.

Untuk sedikit mengurangi keborosan kuota kita, maka cobalah untuk sedikit berpikir cerdik, terutama perihal gambar dan foto ini. Anda pun bisa memiliki gambar yang diinginkan tanpa perlu mendownloadnya, dengan memanfaatkan fitur screenshot.

Pada ponsel iOS, screenshot bisa dilakukan dengan menekan tombol Home dan kunci selama beberapa saat lalu melepasnya. Untuk  mereka pengguna Android, silahkan menekan tombol kunci dan tombol volume bawah secara bersamaan lalu melepasnya.

Tips Kelima: Matikan fitur Weather Forecast atau Ramalan Cuaca


Weather Forecast atau Ramalan Cuaca adalah fitur yang sangat berguna bagi siapa saja. Jika dahulu kita harus menatap lama televisi untuk mengetahui cuaca yang akan terjadi, kini cukup memandang smartphone kita saja. Namun, tupanya fitur inilah yang paling membuat smartphone terus menggunakan kuota internet Anda.

Dalam ponsel Android, fitur ini tampil pada tampilan Home sebagai widget. Untuk dapat mematikannya, Anda bisa menekan layar Home selama beberapa saat lalu tekanlah widget Weather Forecast. Dengan begitu fitur membaca cuaca ponsel Anda akan langsung terhenti. Atau, Anda juga bisa membuka aplikasi Google > setting, lalu pilhlah Never show weather option.

Bagi mereka pengguna iOS juga dapat mematikan fitur Weather, dengan cara pergi ke setting > Weather Icon, lalu ubahlah kolom enabled dari on ke off.

Nah itu lah cara agar menghemat kuota,sekian dari kami terima kasih.
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

4 komentar

Click here for komentar
ipoelchen
admin
December 4, 2016 at 11:48 PM ×

mantaf nih trik yg doyan googling

Reply
avatar
Unknown
admin
December 4, 2016 at 11:53 PM ×

Iya sob bisa googling sepuasnya ngga takut kehabisan kouta

Reply
avatar
Unknown
admin
December 5, 2016 at 12:09 AM ×

Pertamax gan artikelnya

Reply
avatar
Unknown
admin
December 5, 2016 at 12:11 AM ×

Sip gan terima kasih atas kunjungannya.

Reply
avatar
Thanks for your comment