Tanpa 4G,Cara ini mempercepat jaringan internet


                                        


Jaringan 4G mungkin udah lumrah dipake oleh sebagian dari kamu. Tapi, kalo 4G belum tersedia atau bukan pilihan yang tepat buat kamu, yang perlu dilakukan adalah mengusahakan kecepatan jaringan 3G dengan semaksimal mungkin. Performa smartphone emang gak bisa 'disulap' jadi secepat kilat, tapi setidaknya kamu bisa mencoba tips-tips berikut untuk pengalaman berinternet yang gak bikin naik darah.

Kamu pengguna setia social networking platform yang satu ini? Tanpa disadari, aplikasi Facebook yang selama ini kamu gunakan adalah 'biang kerok' dalam penggunaan data dan baterai! Saatnya untuk beralih ke Facebook Lite. Aplikasi ini didesain untuk menampilkan Facebook dengan lebih simpel, atau dengan kata lain: seperlunya aja, sehingga alur data dan pemakaian baterai jadi gak berlebihan. Tentunya, bermanfaat juga untuk meningkatkan 3G experience kamu.

Opera Max merupakan solusi komplit buat kamu yang memerlukan akses penuh dalam mengontrol pemakaian data dan memaksimalkan kecepatan browsing. Apps ini punya banyak fungsi yang cukup bersahabat dengan pengguna jaringan 3G. Opera Max juga secara aktif mengoptimalkan konten streaming.

Sebagai tambahan, Opera belum lama ini udah ningkatin performa Opera Max sehingga optimalisasi data diklaim mencapai 23% jika dibandingkan tanpa menggunakan aplikasi tersebut. Wow! Browsing hampir seperempat kali lebih cepat dengan penggunaan data yang sama. Jadi, why not?

Buat menikmati browsing tanpa \u2019lemot,\u2019 coba pilih opsi Text Only pada browser kamu. Fitur ini bakal membuat browsermu membuka sebuah laman website tanpa memuat gambar-gambar yang tersedia. Yup, kamu kini bisa terhindar dari internet traffic. Emang, gak semua browser mendukung mode Text Only, tapi pada umumnya kamu bisa menemukan opsi tersebut pada menu Settings.

Chrome adalah browser yang sempurna bagi kebanyakan orang. Kemampuan sinkronisasinya dengan berbagai perangkat, aplikasi, password, dan bookmark sungguh memudahkan kehidupan masyarakat. Tapi, perlu kamu ketahui, web browser dari Google ini terhitung boros dalam hal pemakaian data. Kamu yang concern dengan hal ini mungkin bisa pilih browser lain, kayak Opera Max yang sudah disebutkan sebelumnya atau Opera Mini untuk versi lebih ringan.

Kalo kamu udah mencoba berbagai metode namun layanan internet 3G masih lelet, mungkin masalahnya bukan pada jaringan melainkan pada hape kamu. Versi-versi Android terbaru udah lebih baik dalam mengelola pemakaian memori pada sistem. Tapi tetep aja kalo cache pada smartphone kamu penuh, maka memori gadget bisa turut \u2018dimakan\u2019 dan membuatnya jadi lambat. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan cache tersebut.

Caranya? Buka bagian Settings > Applications, kemudian pilih aplikasi yang mau kamu bersihkan. Setelah itu, pilih Clear Cache. Lain cerita kalo kamu gak yakin aplikasi apa yang bermasalah. Gak ada salahnya untuk mencoba apps pembersih cache dengan fungsi Clear All. Salah satunya adalah App Cache Cleaner.

Sekali lagi, walaupun Android udah lebih baik dalam mencegah aplikasi yang menyita memori, tetep aja masih ada background apps rakus yang membuat gadget jadi \u2018lemot.\u2019 Widget yang terpasang juga demikian, bahkan lebih banyak menyedot memori. Untuk meningkatkan performa, sebaiknya hindari pake widget dan uninstall aplikasi yang jarang kamu pake.

Kalo penggunaan memori udah dikurangi dan kamu yakin penyebab lambatnya performa adalah masalah jaringan, coba cek lagi mode jaringan yang kamu pilih. Lokasinya bisa berbeda tiap perangkat, tapi coba cari di sekitar menu konektivitas jaringan pada Settings.

Pada beberapa perangkat, GSM disebut juga sebagai 2G, sedangkan WCDMA berarti 3G. Pilihan default biasanya adalah \u201cGSM/WCDMA/LTE auto,\u201d yang membuat gadget secara otomatis tersambung pada koneksi yang tersedia. Tapi, sinyal 4G sendiri masih lemah atau belum tersedia di beberapa wilayah, sedangkan sinyal 3G cukup kuat. Sebaiknya, langsung aja arahkan pilihan pada koneksi 3G atau 2G tanpa mem.    
Artikel Sebelumnya
« Prev Post
Artikel Selanjutnya
Next Post »

17 komentar

Click here for komentar
November 18, 2016 at 3:12 PM ×

selain itu aplikasi facebook juga memakan banyak data.makasih gan tips tipsnya langsung coba download fb lite

Reply
avatar
Bagas M
admin
November 18, 2016 at 3:44 PM ×

baru tau tuh opera max :-bd

Reply
avatar
November 18, 2016 at 4:05 PM ×

Jadi kesimpulannya 4G dan 3G bagus mana gan? Ataukah ada 5G nantinya?

Reply
avatar
Usman
admin
November 18, 2016 at 4:47 PM ×

oh ternyata facebook kalau distanby kan bisa nyedot kuota ma baterai berarti. walaaah ternyata ini biangkeladinya kuota saya cepat habis. biasanya sih cukup buat sebulan, tadinya saya malas harus login terus ketika main fb jadi sya stanbykan..makasi min informasinya.saya mau coba tips ini biar ngacir internet saya...:D

Reply
avatar
admin
admin
November 18, 2016 at 10:36 PM ×

fb,bbm dsb nya itu yg bikin kuota boros gan

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 10:48 PM ×

Keren banget ini artikelnya heeheh

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:02 PM ×

ijin nyoba dulu gan, makasih atas tipsnya

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:02 PM ×

iya sob artikel ini semoga berguna bagi anda dan yang lain

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:04 PM ×

iya sob semoga berguna

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:05 PM ×

bagus 4G dari pada 3G sob, iya saya dengar dengar 5G juga akan dirilis

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:06 PM ×

iya sob sama-sama terima kasih atas kunjungannya

Reply
avatar
Unknown
admin
November 18, 2016 at 11:09 PM ×

iya sob silakan dicoba

Reply
avatar
Unknown
admin
November 19, 2016 at 6:13 AM ×

belum support 4G hp saya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
November 19, 2016 at 8:14 AM ×

Hp sudah support 4G juga kalau daerahnya tidak terjangkau percuma sob.

Reply
avatar
Rizki
admin
November 20, 2016 at 8:45 AM ×

ane juga pernah make Opera maxx gan, emang beneran lebih cepet dan lebih hemat data.
cuma kadang sering disconnect sendiri.
ada yang pernah ngalamin ?

Reply
avatar
Thanks for your comment